3 Cara Menghilangkan Kapalan Tanpa Menggunakan Obat Kimia

Menggunakan Minyak Pohon Teh

Cara menghilangkan kapalan yang mungkin sangat disukai oleh perempuan adalah dengan minyak dari pohon teh. Seperti yang telah banyak dikabarkan, teh memiliki kandungan anti stress yang baik bagi seluruh tubuh, termasuk kulit manusia.

Di beberapa salon kecantikan, ekstrak teh juga digunakan sebagai lulur perawat kulit. Namun, dalam kasus kapalan ini, minyak pohon teh dipercaya bisa mengobati karena mengandung antibakteri, antijamur, dan membantu meremajakan kulit.

Caranya adalah dengan mencampurkan minyak teh dengan air yang digunakan sebagai rendaman. Ramuan rendaman tersebut akan merusak kulit pada kapalan dan menumbuhkannya dengan sel yang baru.

Menggunakan Baking Soda dan Jus Lemon

Apabila ingin memanfaatkan bahan yang mudah didapatkan, Anda dapat mencoba baking soda dan jus lemon sebagai cara untuk menghilangkan kapalan.

Hal tersebut memungkinan dengan peahaman bahwa komponen asam dari jus lemon dan natrium hidrogen karbonat dari baking soda dapat memicu reaksi yang membuat kapalan lebih mudah mengelupas.

Sama seperti cara-cara sebelumnya, cara menghilangkan kapalan dengan jus lemon dan soda kue harus dilakukan dengan mencampurkan air untuk berendam.

Dengan Menggunakan Ampelas

Jika cara-cara menghilangkan kapalan di atas tidak berhasil, maka ada cara terahir yang perlu Anda ketahui, yaitu dengan ampelas dan ampelas dapat Anda beli di toko bangunan dengan mudah.

Cara menghilangkan kapalan menggunakan ampelas bukanlah mengada-ada. Namun, tentu saja bukan ampelas yang biasa digunakan untuk menggosok kayu supaya halus, tetapi ampelas yang jauh lebih halus dari itu.

Namun, Anda bisa menanyakan langsung pada penjaga toko bangunan tentang ampelas dengan tekstur yang paling halus. Ampelas yang dimaksud ini biasa digunakan oleh tukang aquarium untuk menggosok lumut halus dari kaca.

Dengan ampelas yang sama, Anda dapat menggosok kapalan, yang sebaiknya terlebih dahulu dibasahi. Lakukan cara tersebut dengan sabar.

Itulah tadi embahasan mengenai berbagai macam cara menghilangkan kapalan yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa menggunakkan obat.

Apabila kondisi kapalan yang Anda alami parah seperti mengeluarkan nanah atau darah serta terjadi pada area yang lebar, jangan ragu untuk datang ke dokter secepatnya.

Sebagai tambahan informasi, kapalan memanglah tidak berbahaya, namun menjadi lain kasus apabila bagian tubuh yang kapalan tersebut bersentuhan dengan kondisi rawan bakteri seperti sepatu kotor atau luka akibat benda berinfeksi.

Untuk itu, jangan terlalu meremehkan kapalan. Sebaiknya juga Anda mencegahnya dengan kebiasaan seperti memakai sarug tangan, memberi bantalan pada bagian tubuh yang sering mendapat tekanan, memakai sepatu yang berbahan empuk dan memiliki rongga udara, serta menjaga asupan gizi yang dapat membuat jaringan kulit tidak mudah patah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *