Biarkan Papa Bersama Si Kecil

Pernah baca buku Because I’m Your Dad? Buku karya dari pengarang yang bernama Ahmet Zappa serta Dan Santat sebagai ilustratornya ini, ternyaya sangat menarik, bercerita tentang perasaan papa pada anaknya. Cerita sederhana yang didukung dengan i lustrasi keren serta gambar si papa monster dan anak monster ini, sedikit mengingatkan kita pada serial kartun Henry Hugglemonster di Disney Junior.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Versi Ahmet-Dan lebih besar, gemuk, dan menggemaskan. Dari buku ini, kita tersadar ekspresi sayang seorang papa itu memang muncul dalam bentuk berbeda dari kasih sayang mama. Sama-sama melindungi kok, hanya mungkin lebih fun dan santai. Seperti untuk urusan makan, sarapan enggak mesti makanan yang berat-berat, bahkan spaghetti pun bisa untuk sarapan dan french toast untuk makan malam. Papa juga yang “mengajari” anak bersendawa dengan suara besar (dan puas!).

Papa pun punya cara sendiri untuk meninabobokkan anak, lengkap dengan selimut yang membungkus tubuh anak sambil gigit-gigit kaki kecilnya. Jadi, memang papa punya ikatan spesial dengan anak. Persis seperti yang dilakukan papa monster pada anaknya dalam buku Because I’m Your Dad ini, membangkitkan kenangan kita pada papa saat kecil. Yuk, Ma, dorong Papa agar mau menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak, tentu dengan cara mereka sendiri.

Agar Si Kecil Cepat Tidur

Salah satu PR orangtua adalah bagaimana caranya agar si prasekolah cepat tidur atau tidur tidak terlalu larut malam. Pertama, jangan sampai anak terlalu lelah beraktivitas. Saat anak terlalu lelah, tubuhnya akan melepaskan hormon stres yang disebut kortisol, sehingga membuat anak sulit tidur. Jadi, kurangi aktivitas harian anak, agar ia tidak terlalu lelah, kemudian majukan jam tidur anak, sehingga anak bisa lebih relaks. Kedua, matikan TV. Jangan biasakan TV menemani anak tidur. Penelitian menunjukkan, cahaya biru dari layar TV menghambat pelepasan hormon melatonin dan memengaruhi kualitas tidur.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *