Luar Biasa, Ini Berbagai Manfaat Terong

Penghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Hebatnya lagi, terong ungu mengandung Ellagic Acid dan Phycocyanian. Ellagic Acid adalah salah satu komponen fenolik yang memiliki peran sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker, menjaga kualitas gen, dan mengantisipasi penggumpalan darah.

Sementara Phycocyanian adalah protein kompleks yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah dan sel darah putih, memicu kerja sel batang yang terdapat dalam sumsum tulang belakang, menyembuhkan pendarahan, serta bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas.

– Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Rupa-rupanya, terong ungu juga mengandung sedikit nikotin. Lebih tepatnya adalah asam nikotinat yang tidak memiliki sifat adiktif.

Kandungan nikotin tersebut tidaklah berbahaya bagi tubuh dan justru berfungsi positif sebagai pembantu menghentikan kebiasaan merokok.

Selain itu, dengan kandungan nikotinnya ini, terong ungu dapat menjadi bahan makanan yang tepat dalam program diet karena dapat mengusir lemak.

– Dapat Merangsang Gairah Seks

Tambahan bagi pria, kandungan pada terong ungu ini memiliki efek afrodisiak yang merangsang gairah seks. Selain itu, antioksidan yang ada juga dapat meningkatkan hormon testoteron.

Nah, akhirnya selesai. Dari penjabaran kandungan nutrisinya yang panjang tersebut dapat kita lihat bahwa memang begitu banyak manfaat terong ungu bagi kesehatan.

Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi terong ungu, ya! Tapi tunggu dulu. Tentu saja dalam mengkonsumsi apa pun harus Anda perhatikan pula takarannya. Tanpa takaran yang tepat, terong ungu juga memiliki dampak negatif bagi tubuh.

Inilah Dampak Negatif Konsumsi Terong Ungu

Meskipun terong memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, namun Anda juga harus berhati-hati jika terlalu banyak mengkonsumsi terong. Ada beberapa catatan dampak negatif yang harus diperhatikan.

– Kinerja Obat Bisa Terganggu

Misalnya, apabila kamu sedang menggunakan obat antidepresan maka kinerjanya akan terganggu oleh kandungan tyramine dalam terong.

– Merangsang Menstruasi Berlebih

Di dalam terong juga terkandung Phytohormones yang dapat merangsang menstruasi berlebih. Hal tersebut dapat memungkinkan sel telur pada wanita, termasuk yang sudah dibuahi, menjadi luruh.

Maka mengkonsumsi terong dalam jumlah yang banyak tidak disarankan bagi perempuan hamil karena menimbulkan dampak negatif yang cukup serius.

– Dapat Meningkatkan Alergi

Selain itu, walaupun kasusnya jarang terjadi, terong ungu dapat meningkatkan reaksi alergi berupa pembengkakan tenggorokan, gatal-gatal, dan mual. Bahkan, terong mengandung nitrat alami yang akan bereaksi dengan asam amino untuk membentuk nitrosamin. Hal tersebut dapat menimbulkan efek keracunan, terutama pada bayi.

Walaupun sayuran ini memiliki banyak manfaat terong ungu, namun jika dikonsumsi tidak dalam porsi berlebihan maka bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Kita semua yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *