Mengenal Keberhasilan Timnas Negara Jerman

Apa yang kalian ingat begitu mendengar nama Jerman? Banyak dari kita yang setuju bahwa Jerman identik dengan sepakbola.

Dari masa ke masa, Jerman selalu melahirkan tim sepakbola yang disegani, baik level tim nasional maupun di level klub, seperti dikutip dari Eduversity.

 

Tim nasional Jerman

 

Tim nasional Jerman merupakan salah satu yang terbaik dalam sejarah sepakbola dunia. Jerman telah memenangkan Piala Dunia sebanyak empat kali, yaitu tahun 1954, 1974, 1990, dan 2014. Pencapaian mereka di Piala Dunia hanya kalah dari Brazil, yang telah memenangkan Piala Dunia lima kali.

 

Selain itu, Jerman juga menjadi peraih tiga kali Piala Eropa, yaitu pada tahun 1972, 1980, dan 1996. Lalu apa sebab sepak bola Jerman bisa begitu dominan? Apa karena pemain-pemain Jerman Jenius?

 

Sejarah mencatat, walaupun Jerman selalu melahirkan pemain hebat, tapi tidak banyak pemain Jerman bergelar superstar. Makanya, sangat jarang gelar pemain terbaik dunia maupun Eropa yang dimenangkan Jerman. Superstar seperti Messi, Ronaldo, Zidane, Maradona, maupun Pele bukanlah orang Jerman.

 

Tanpa bintang yang sangat luar biasa, sepak bola Jerman bisa sangat kuat. Alasan utamanya adalah karena budaya Jerman telah terpatri di setiap rakyat Jerman. Contohnya, Jerman memiliki budaya disiplin dan tepat waktu (pünktlichkeit).

 

Bahkan untuk sekedar menghadiri undangan makan malam, mereka terbiasa datang 5 atau 10 menit sebelum acara dimulai. Tepat waktu bagi orang Jerman berarti menghargai orang lain dan menghargai diri sendiri. Sebaliknya, orang yang telat menandakan orang tersebut tidak bisa diandalkan.

 

Selain itu, orang Jerman dikenal bermental pemenang. Mereka tidak mau menjadi nomor dua, harus nomor satu. Itulah sebabnya tim sepak bola Jerman terkenal dengan sikapnya yang pantang menyerah. Mereka tetap akan berjuang keras hingga wasit meniup peluit panjang.

 

Budaya Jerman yang positif tersebut ditunjukkan dalam permainan tim nasionalnya. Tim sepak bola Jerman terkenal sangat disiplin dan memiliki mental juara. Karena itu, walau secara individu tidak terlalu menonjol, Jerman selalu melahirkan tim nasional yang disegani lawan.

 

Liga Jerman

 

Liga sepakbola Jerman disebut dengan istilah Bundesliga yang artinya liga nasional. Bundesliga memang tidak sepopuler Liga Inggris, Spanyol, maupun Italia. Tapi dari sisi industri olahraga, Bundesliga masih sangat kompetitif.

 

Bahkan jumlah suporter yang datang ke stadion untuk menonton Bundesliga adalah yang terbanyak di antara liga sepakbola di seluruh dunia.

 

Ada 18 klub yang bertarung di Bundesliga yang bertarung dengan sistem promosi-degradasi. Dua tim terbawah klasemen akan degradasi ke Bundesliga 2 (level kedua Bundesliga) dan digantikan dua tim teratas dari Bundesliga 2.

 

Tim ter sukses di Bundeliga adalah Bayern Munich atau Bayern München. Mereka menjadi peraih gelar Bundesliga terbanyak, yaitu 28 kali. Selain terkuat, klub yang berasal dari kota München, negara bagian Bavaria ini juga dikenal sebagai klub terkaya di Jerman.

 

Lalu apa keunikan Bundesliga dan hubungannya dengan kesuksesan tim nasional Jerman?

 

Kunci dari kesuksesan tim nasional Jerman adalah pembinaan pemain muda. Kalau kebanyakan klub-klub Eropa lebih suka membeli pemain terkenal, klub-klub Bundesliga justru banyak memberikan kesempatan bermain pada pemain muda. Itulah sebabnya tim nasional Jerman seperti tidak pernah kehabisan stok pemain hebat.

 

Selain itu, semua klub Bundesliga wajib memiliki akademi sepakbola junior. Akademi tersebut akan mendidik pemain muda sejak usia 10 tahun. Selain memberi teknik sepakbola, klub juga harus menyediakan pendidikan bermutu untuk anak-anak.

 

Makanya jangan heran kalau anak-anak Jerman mampu berlatih sepakbola hingga 18 jam per minggu tanpa mengganggu pendidikan. Karena memang Jerman memiliki sistem yang menggabungkan antara pendidikan dan latihan.

 

Nah karena sudah terlatih dengan sistem pelatihan berkualitas tinggi sejak usia dini, rasanya pantas saja kalau Jerman mampu menghasilkan pemain-pemain top dan mampu mendatangkan prestasi dunia bagi tim nasionalnya.

 

Nah itu tadi faktor-faktor yang menjadi kunci sukses tim nasional Jerman. Intinya, kebiasaan orang Jerman yang disiplin, menghargai waktu, taat pada sistem dan aturan, dan selalu ingin nomor satu telah membawa Jerman pada kejayaan. Salah satunya kejayaan di bidang sepakbola…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *