Optimalisasi Kamera Galaxy Note 4

Sebagai phablet kelas atas, Galaxy Note 4 tentu dilengkapi dengan segala komponen kelas premium, termasuk kamera. Galaxy Note 4 memiliki kamera belakang 16 megapixel dan kamera depan 3,7 megapixel. Phablet ini memang tidak dirancang untuk kegiatan fotografi. Namun, beragam fitur fotografi Galaxy Note 4 seperti face detection, autofocus, LED flash, dan lainnya begitu mumpuni. Juga dengan fitur kamera lainnya seperti sensor berukuran 1/2.6”, 1.12 µm pixel size, dual Shot, simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, dan HDR hadir untuk memaksimalkan hasil foto. Sebagai catatan, kamera pada Galaxy Note 4 memang lebih tinggi dari pendahulu yaitu Galaxy Note 3, namun lebih rendah dari kompetitornya yaitu Sony Xperia Z3 yang memiliki kamera berkekuatan 20 MP Lalu bagaimana memaksimalkan fitur kamera pada Samsung Galaxy Note 4 tersebut? Simak ulasannya.

Optimalisasi Kamera Galaxy Note 4

Setting kualitas High

Pengguna memang bisa memilih kualitas foto yang dihasilkan di ponsel mereka. Hal ini tentu berpengaruh terhadap besarnya file dari foto yang akan dihasilkan nantinya. Namun bagi skala ponsel, SINYAL menyarankan sebaiknya pengguna memilih setting kualitas foto yang paling tinggi. Sebab ini akan berpengaruh terhadap kualitas foto yang akan direkam. Jika file makin besar tentu akan membantu ketika foto itu bakal diedit nantinya. Sebaliknya, jika file foto kecil jadi gampang pecah saat diutakatik.

Gunakan resolusi tertinggi

Galaxy Note 4 yang memiliki resolusi 16 megapiksel dan kemampuan rekam hingga resolusi UHD (3840×2160) ini perlu dioptimalkan. Ini perlu dilakukan, sekali pun saat ini Anda hanya ingin memotret atau merekam video dalam resolusi tidak terlalu besar, misalnya hanya untuk presentasi atau ditampilkan dalam sebuah website. Mengapa demikian? Sebabnya, Anda akan memiliki keuntungan jika suatu saat foto atau video tersebut akan Anda butuhkan dalam resolusi besar. Perkara memperkecil ukuran foto atau video sudah menjadi hal yang mudah dilakukan saat ini, bisa dengan bantuan software seperti Photoshop untuk foto, Final Cut Pro untuk video, atau bahkan dengan aplikasi gratisan yang dapat diunduh dari toko aplikasi online.

Kenali Ragam Mode Pemotretan

Tentunya, bagi Anda yang sering menggunakan ponsel atau phablet Samsung sudah tidak asing dengan ragam mode pemotretan di seri-seri Galaxy terdahulu, seperti Auto Mode, Beauty Face, Dual Camera, dan Panorama. Pada Galaxy Note 4 terdapat beberapa mode pemotretan terbaru, antara lain Rear-Cam Selfie yang memudahkan pengguna saat melakukan foto selfie dengan kamera belakang. Dengan mode ini kamera akan secara otomatis mengambil gambar saat wajah sudah dikenali melalui fitur face-detection atau cukup dengan menempelkan tangan di bagian heart rate sensor di sisi belakang phablet. Ada juga Selective Focus. Mode ini memudahkan kita sebagai pengguna untuk menentukan area di dalam foto yang ingin difokuskan atau dibuat blur secara lebih leluasa. Selain itu, ada Virtual Tour. Mode canggih ini memungkinkan Anda mengambil foto hingga 360 derajat. Bahkan, hasil akhirnya dapat dilihat secara interaktif. Anda cukup menekan tombol play layaknya menonton sebuah video.

Aktifkan Mode HDR Mode

HDR atau High Dynamic Range berfungsi untuk menyeimbangkan highlight dan shadow dalam sebuah foto, terutama pada situasi pencahayaan yang kontras. Anda tak perlu khawatir mengaktifkan mode HDR di pada Samsung Galaxy Note 4. Pasalnya, tidak ada lagi delay atau jeda usai menekan tombol shutter, sebuah hal yang kerap ditemukan di mode HDR pada seri Galaxy terdahulu. Kualitas HDR di sini juga telah disempurnakan dengan sokongan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Ini berfungsi untuk mengurangi risiko foto blur akibat goyangan atau guncangan tangan pada saat memotret atau yang biasa disebut shaking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *