Sektor Retail Optimistis Kinerja Meningkat bag2

Bank Indonesia memproyeksi penjualan eceran akan membaik pada Juli menjadi 3,4 persen. Pendorongnya ialah adanya masa tahun ajaran baru dan dampak pencairan gaji ke-13 pegawai negeri. Segmen yang akan menjadi kontribusinya ialah pakaian. Sekretaris Perusahaan PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk, Ratih Darmawan Gianda, mengatakan pelaksanaan Asian Games merupakan sentimen positif bagi kinerja perusahaan. Pasalnya, salah satu segmen dari konsumen MAP Aktif ialah pakaian olahraga. “Ini momentum yang bagus bagi peretail.

Harusnya bisa memberikan kontribusi,” kata dia. MAP Aktif Adiperkasa merupakan satu dari empat anak usaha PT Mitra Adiperkasa Tbk. Menurut Ratih, dalam jangka panjang, perusahaannya yang baru saja melantai di Bursa Efek Indonesia pada Juli lalu itu akan berekspansi. MAP Aktif berencana membuka 100 gerai, kata dia, setelah mendapat dana dari hasil initial public offering pada Juli lalu. Hingga semester pertama 2018, jumlah gerai MAP Aktif sekitar 50 unit. Optimisme juga dilontarkan oleh PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Sekretaris Perusahaan Ramayana, Setiadi Surya, menyatakan akan meningkatkan kerja sama dengan pemasok untuk menjaga angka penjualan di segmen pakaian.

“Di internal, kami akan melakukan efisiensi dengan sistem kerja yang terukur. Harapannya, stabilitas keamanan bagus pada tahun politik ini,” ucapnya. Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance, Eko Listiyanto, mengatakan bahwa berlalunya momen Lebaran berpotensi membuat kinerja industri retail melambat pada kuartal ketiga. Menurut dia, momen promosi selama perayaan kemerdekaan akan sedikit membantu. “Itu akan menjadi stimulus, tapi setelah itu berpotensi menurun,” kata Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *