Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menghilangkan Kapalan

Nah, apabila Anda telah menyadari kebiasaan yang menimbulkan kapalan, selanjutnya barulah dapat dilakukan cara cara untuk menghilangkan kapalan, lalu apa sajakah itu?

  1. Menggunakan Air Hangat?

Cara menghilangkan kapalan yang pertama adalah menggunakan air hangat. Karena air hangat dapat membuat sel-sel kulit mati terangkat dan memunculkan sel kulit yang baru.

Dengan sedikit gosokan, lapisan kapalan dimungkinkan ikut luruh bersama sel kulit mati. Artinya, jika kapalan yang dialami cukup tebal, Anda perlu melakukan hal ini dalam beberapa kali.

  1. Gunakan Cuka Sari Apel

Apabila air hangat tidak segera meremajakan kulit Anda, maka Anda dapat menggunakan cara menghilangkan kapalan dengan tambahan cuka sari apel.

Karena kandungan asam yang terdapat dalam cuka sari apel dipercaya dapat melunakan kulit manusia. Hal itu dapat dilakukan dengan mencampurkan air dengan cuka sari apel untuk merendam bagian kapalan selama 20 menit.

Cara ini dilakukan sama seperti dengan cara menghilangkan kapalan dengan air hangat. Apabila lapisan kapalan cukup tebal, Anda harus bersabar dan jangan terburu-buru untuk mengelopek kapalan. Hal tersebut dapat menyebabkan luka dan infeksi.

  1. Menggunakan Minyak Jarak

Cara menghilangkan kapalan yang selanjutnya adalah menggunakan minyak jarak. Minyak jarak mungkin sedikit sulit untuk didapatkan.

Namun, minyak jarak adalah satu obat yang ampuh untuk menghilangkan kapalan secara alami. Hal tersebut dikarenakan minyak jarak dapat membuat kulit lebih kondusif untuk digosok dan manfaat lainnya adalah kelembapan pada kulit yang terjaga.

  1. Menggunakan Garam Epsom

Bahan lain yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan adalah garam epsom. Hal tersebut karena garam epsom dapat dianggap sebagai exfoliator.

Caranya adalah dengan mencampurkan garam epsom dengan air hangat untuk digunakan sebagai perendam. Ini dilakukan agar lapisan kapal dapat terkelupas dengan sendirinya. Rasa perih mungkin akan Anda dapatkan bila ternyata pada kapal terdapat luka atau bakteri.

  1. Menggunakan Batu Apung

Di kampung-kampung, cara menghilangkan kapalan dapat dilakukan dengan batu apung. Hal tersebut karena batu apung bukan jenis batu yang sangat keras dan bersifat mengalahkan kulit.

Selain itu batu apung dapat dianggap cukup lebut bagi kulit namun cukup keras bagi kapalan. Dengan cara menggosokannya perlahan dan berjeda, lapisan kapalan dimungkinkan luruh sedikit demi sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *